Home Lang Lang Kota Masih Terpendam, Bangunan Utama Candi Gedog Kota Blitar Perlu Ekskavasi Lanjutan
Masih Terpendam, Bangunan Utama Candi Gedog Kota Blitar Perlu Ekskavasi Lanjutan

Masih Terpendam, Bangunan Utama Candi Gedog Kota Blitar Perlu Ekskavasi Lanjutan

0

Mayangkaranews.com, Blitar — Jum’at siang (11/10/2019) tim Balai Pelestarian Cagar Budaya atau BPCB Trowulan Mojokerto selesai melakukan ekskavasi awal di situs Candi Gedog Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Tim BPCB baru menemukan pagar keliling lingkungan Candi Gedog. Sedangkan posisi bangunan utama candi diperkirakan masih terpendam di sekitar pohon beringin di dalam pagar keliling lingkungan candi.

“Setelah diukur, luas pagar keliling lingkungan candi berkisar 28 m x 30 m. Pagar keliling itu sebagai batas kesakralan bangunan candi. Pada hari terakhir ekskavasi ini, tim juga menggali di titik penemuan Arca Kepala Kala. Penggalian itu untuk mencari struktur bata di belakang Arca Kepala Kala. Namun dari hasil penggalian, tidak ditemukan struktur bata di belakang penemuan Arca Kepala Kala. Hasil ekskavasi awal ini akan disampaikan ke Pemkot Blitar. Apabila di lokasi ini memang ditemukan bangunan kebudayaan baru, maka saya berharap Pemkot Blitar proaktif untuk ikut melestarikannya, termasuk mendukung proses ekskavasi lanjutan untuk menemukan bangunan utama candi di lokasi. BPCB juga akan mendukung proses ekskavasi lanjutan baik secara teknis maupun penganggaran,” jelas Nugroho Harjo Lukito Ketua Tim Ekskavasi Candi Gedog dari BPCB Trowulan Mojokerto

Nugroho menambahkan, saat proses ekskavasi awal ini tim BPCB juga menemukan beberapa benda purbakala seperti pecahan gerabah dan fragmen gandik atau batu panjang kecil mirip ulekan. Dari bentuk pecahan gerabah itu, pihaknya memperkirakan benda itu peninggalan era Majapahit. Bentuk pecahan gerabah itu tipis dan halus. Gerabah itu bukan dipakai untuk keperluan sehari-hari, namun untuk keperluan ritual. Pihaknya meminta agar pecahan gerabah dan sejumlah benda yang ditemukan sebelumnya dikumpulkan menjadi satu.

Diberitakan sebelumnya, Senin (7/10/2019) tim BPCB mulai melakukan ekskavasi. Pada hari kedua ekskavasi, Tim BPCB mulai menggali beberapa titik di lokasi dan memastikan di lokasi merupakan tempat bangunan kompleks percandian. Tim menemukan struktur bangunan candi dari bata bentuknya memanjang di sisi Selatan Punden Joko Pangon. Bangunan struktur bata itu sebagai bagian tepi candi. Lokasi struktur bata itu berada di bawah saluran irigasi. Pada hari ketiga dan keempat ekskavasi, tim fokus mencari sudut bangunan pagar keliling atau tepi candi. Pencarian sudut itu untuk mengidentifikasi luas bangunan candi di lokasi. [Dinda]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial