1. Home
  2. Hukum
  3. &
  4. Kriminal
  5. Merasa Iba, Korban Cabut Laporan 2 Ibu-Ibu Pencuri Susu di Blitar
Merasa Iba, Korban Cabut Laporan 2 Ibu-Ibu Pencuri Susu di Blitar

Merasa Iba, Korban Cabut Laporan 2 Ibu-Ibu Pencuri Susu di Blitar

0

MayangkaraNews.com . Kapolres Blitar menegaskan, adanya jalur mediasi terhadap pemilik toko dan 2 pelaku pencurian di Wonotirto Blitar bukan karena terpengaruh postingan publik figur di media sosial. Namun murni sudah di upayakan beberapa kali kepada korban.

Kapolres Blitar AKBP Adhitya Panji Anom menegaskan, adanya penyelesaian kasus pencurian di toko kelontong yang melibatkan 2 ibu-ibu asal Kecamatan Kedungbanteng Kota Malang, dengan cara Restorative Justice atau penyelesaian kasus secara damai bukan karena kasus ini sudah viral di media sosial dan menarik perhatian publik figur.

Namun, pihak kepolisian menawarkan kepada korban untuk kasus ini diselesaikan secara damai atau sistem Restorative Justice karena barang-barang yang dicuri 2 pelaku itu nilainya tidak besar. Namun saat itu korban masih enggan menempuh jalur tersebut sehingga tetap melaporkan kejadian ini ke pihak kepolisian.

AKBP Adhitya Panji Anom menegaskan, pendekatan restoratif itu dilakukan terhadap kasus-kasus perkara ringan dan sudah diterapkan untuk beberapa kasus kecil di Polres Blitar.

AKBP Adhitya Panji Anom menambahkan, upaya keadilan restoratif merupakan sebuah pendekatan yang bertujuan mengurangi kejahatan dengan menggelar pertemuan antara korban dan pelaku. Konsep ini menitikberatkan pada kondisi terciptanya keadilan dan keseimbangan bagi pelaku tindak pidana serta korbannya sendiri.

Diberitakan sebelumnya, AKBP Adhitya Panji Anom mengatakan, Polres Blitar memfasilitasi adanya mediasi antara pemilik toko dan 2 ibu-ibu asal Malang yang melakukan pencurian barang di toko yang ada di Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar.

Dalam mediasi ini, korban dan kedua pelaku sepakat untuk berdamai dan Polres Blitar menerapkan sistem Restorative Justice sehingga proses hukumnya dihentikan. Dalam pertemuan tersebut, korban dan pelaku saling berjabat tangan dan saling memaafkan atas kejadian tersebut.

Sementara itu, saat mediasi kedua korban mengaku merasa iba melihat kondisi keluarga pelaku sehingga dirinya mencabut laporannya ke Polres Blitar. [Dinar]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x