1. Home
  2. Ekonomi
  3. Molor 3 Bulan, Pemkot Blitar Berjanji Akan Bayarkan Gaji Tenaga Outsourcing Di 4 OPD
Molor 3 Bulan, Pemkot Blitar Berjanji Akan Bayarkan Gaji Tenaga Outsourcing Di 4 OPD

Molor 3 Bulan, Pemkot Blitar Berjanji Akan Bayarkan Gaji Tenaga Outsourcing Di 4 OPD

0

MayangkaraNews.com . Molor 3 bulan, Pemkot Blitar berjanji akan membayarkan gaji tenaga harian lepas (outsourcing) di 4 OPD Pemkot Blitar yang belum dibayarkan pihak Ketiga (PT) secara rapel pada pekan depan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Blitar Priyo Suhartono mengatakan permasalahan itu berawal dari pihak ketiga sebagai pemenang lelang tidak mampu memenuhi komitmenya untuk membayarkan gaji sejumlah tenaga outsourcing di 4 OPD Pemkot Blitar sejak Februari lalu.

4 OPD itu diantaranya Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan, dan Disperindag.

Prio mengatakan karena tidak kunjung ada penyelesaian hingga awal Maret kemarin, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Pusat (LKPP) memfasilitasi mediasi, hasilnya pihak ketiga salah satu PT dari Banten mengundurkan diri sebagai penyedia jasa pada 21 Maret lalu.

Setelah mundur, saat ini semuanya diserahkan ke masing-masing OPD. Priyo mengatakan Pemkot Blitar segera menindalakjuti hal itu karena sebelumnya alokasi anggaran untuk gaji tenaga outsourcing sudah disediakan.

Rencananya, gaji yang belum dibayarkan pihak ketiga selama 3 bulan terkahir akan cair pada awal pekan depan melalui OPD masing-masing dengan sistem swakelola anggaran.

Priyo mengaku belum bisa memastikan kedepan apakah tenaga outsourcing di 4 OPD itu akan dikelola Pihak ketiga (PT) atau tidak, karena saat ini fokus Pemkot Blitar untuk menyelamatkan pembayaran gaji tenaga outsourcing yang tertunda.

Sementara Koordinator tenaga outsourcing di Dinas Lingkungan Hidup Kota Blitar Iwan Buyung membenarkan gaji yang sudah terbayarkan hanya Januari saja. Namun saat ini sedang proses penyempurnaan berkas-berkas untuk pencairan gaji selama 3 bulan terkahir yang belum terbayarkan.

Menurut Iwan, respon Pemkot Blitar dalam menindaklanjuti permasalahan pembayaran gaji ini cepat dan langsung mengambil langkah. Sehingga sejumlah tenaga outsourcing sabar menunggu pencairan gaji itu.

Iwan mengatakan gaji yang diterima dalam satu bulan kisaran 2 juta 35 ribu rupiah. Namun juga ada kewajiban membayar BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan. Sementara untuk jumlah total tenaga harian lepas (outsourcing) kisaran 200 orang lebih. [Nindy]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x