1. Home
  2. Agama
  3. MUI Kota Blitar Keluarkan Fatwa Sapi dan Kambing Yang Terinfeksi PMK Tidak Sah Untuk Hewan Kurban
MUI Kota Blitar Keluarkan Fatwa Sapi dan Kambing Yang Terinfeksi PMK Tidak Sah Untuk Hewan Kurban

MUI Kota Blitar Keluarkan Fatwa Sapi dan Kambing Yang Terinfeksi PMK Tidak Sah Untuk Hewan Kurban

0

MayangkaraNews.com . MUI Kota Blitar mengeluarkan fatwa sapi dan kambing yang terinfeksi PMK tidak sah untuk hewan kurban, fatwa ini merujuk Fatwa MUI no 32 tahun 2022.

Ketua Majelis Ulama Indonesia atau MUI Kota Blitar Abdil Karim Muhaimin mengatakan sesuai fatwa MUI no. 32 tahun 2022 tentang hukum dan panduan pelaksanaan ibadah kurban saat wabah PMK-1, maka MUI Kota Blitar mengeluarkan fatwa sapi dan kambing yang dinyatakan positif terinfeksi wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK tidak sah untuk hewan kurban.

Sedangkan yang menentukan hewan kurban dalam kondisi sehat atau sakit merupakan dokter hewan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar.

Abdil menjelaskan syarat sah hewan bisa dijadikan kurban diantaranya harus sehat, sehingga hewan yang terinfeksi PMK dianggap tidak sehat dan tidak layak untuk dijadikan kurban.

Menurutnya kalau hewan sudah sembuh bisa menjadi hewan kurban, namun apabila sampai hari penyembelihan hewan belum sembuh maka hewan itu hanya akan menjadi sodakoh dan bukan hewan kurban.

Untuk itu MUI Kota Blitar meminta Pemkot Blitar menerjunkan minimal dua dokter hewan di setiap kelurahan untuk mengecek kondisi kesehatan sapi dan kambing yang akan digunakan untuk hewan kurban.

Abdil mengatakan untuk hewan ternak suspek PMK, masih aman dikonsumsi manusia asalkan diolah secara benar.

Sementara itu, Walikota Blitar Santoso mengatakan Pemkot Blitar kerja sama dengan MUI mensosialisasikan panduan ibadah kurban di tengah wabah PMK. Harapannya masyarakat tidak bingung saat hendak menjalankan ibadah kurban di hari raya Idul Adha 2022. [Dinda]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x