1. Home
  2. Hukum
  3. &
  4. Kriminal
  5. Pelaku Pengedar Uang Palsu di Tulungagung Mengaku Sudah Edarkan 9,9 Juta
Pelaku Pengedar Uang Palsu di Tulungagung Mengaku Sudah Edarkan 9,9 Juta

Pelaku Pengedar Uang Palsu di Tulungagung Mengaku Sudah Edarkan 9,9 Juta

0

MayangkaraNews.com . Pelaku pengedar uang palsu warga Campurdarat Tulungagung mendapatkan lembaran uang palsu dari seseorang inisial B senilai 12 juta dan ditukar dengan uang asli 5 juta rupiah. Dari 12 juta lembaran uang palsu itu, 9,9 juta sudah diedarkan pelaku di wilayah Trenggalek dan Tulungagung.

Kanit Pidana Khusus Satreskrim Polres Tulungagung Iptu Didik Riyanto mengatakan, pelaku Y pria (38) pengedar uang palsu warga Kecamatan Campurdarat Tulungagung mendapatkan lembaran uang palsu dari seseorang inisial B. Dari B itulah pelaku mendapatkan uang palsu total 12 juta.

Berdasar keterangan pelaku kepada petugas, pelaku berkenalan dengan B melalui pelaku TSN. Awalnya pelaku datang ke warkop TSN di wilayah Sumbergempol Tulungagung.

Pelaku bercerita kepada TSN terkait persoalan ekonomi dan keuangan pelaku yang menipis. Kemudian TSN menawari pelaku untuk mengedarkan uang palsu dan pelaku pun tertarik.

TSN lalu menghubungkan Y dengan B dan Y menukar uang palsu total 12 juta dari B dengan uang asli senilai 5 juta rupiah. Dari hasil pemeriksaan polisi, Y telah mengedarkan sekitar 9,9 juta uang palsu dengan sasaran warung atau toko kecil di wilayah Kecamatan Durenan Trenggalek dan di wilayah Tulungagung.

Iptu Didik menambahkan, saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui keberadaan dari B.

Diberitakan sebelumnya, polisi menangkap Y pada 11 Maret lalu setelah mendapat laporan korban warga Kecamatan Bandung Tulungagung. Modusnya pelaku Y membeli rokok dan makanan di toko milik korban dan dibayar menggunakan uang palsu.

Kini pelaku Y dan pelaku TSN perempuan asal Kabupaten Pesisir Barat Lampung itu masih menjalani pemeriksaan di Polres Tulungagung. [Ayu]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial