Home Lang Lang Kota Pembelajaran Jarak Jauh : Siswa SMK Tidak Bisa Belajar Praktik
Pembelajaran Jarak Jauh : Siswa SMK Tidak Bisa Belajar Praktik

Pembelajaran Jarak Jauh : Siswa SMK Tidak Bisa Belajar Praktik

0

MayangkaraNews.com . Sejumlah siswa SMK di Blitar mengeluhkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akibat pandemi Covid-19 tidak dapat belajar praktek.

Satu di antara siswi SMK di Kota Blitar, Tika mengatakan selama penerapan Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ para siswa SMK tidak dapat mengikuti kegiatan praktik. Padahal menurutnya, SMK merupakan sekolah yang lebih menonjolkan kemampuan pada bidang tertentu dibandingkan dengan teori belajar.

Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dinilai menyulitkan bagi siswa SMK karena dalam PJJ siswa hanya akan mendapat penyampaian materi atau teori saja secara online. Padahal siswa SMK juga membutuhkan praktik lapangan.

Untuk itu, pihaknya meminta agar sekolah memberikan solusi agar dapat melakukan kegiatan pembelajaran praktik sesuai jurusan.

Kepala SMKN 2 Blitar, Joko Marsono mengatakan pembelajaran praktik pada siswa SMK memang belum dapat dilaksanakan. Sekolah mengutamakan kondisi kesehatan siswa & guru sekolah lebih penting untuk saat ini. Karenanya, kegiatan praktik untuk siswa sebisa mungkin dihindari terlebih dahulu.

Joko menjelaskan pihak sekolah masih menunggu keputusan dari pemerintah dalam membuka kembali pembelajaran tatap muka karena kondisi wilayah Blitar hingga saat ini masih belum berubah status menjadi zona hijau. Sehingga sekolah belum dapat melakukan pembejaran secara tatap muka ataupun menggelar kegiatan praktik bagi siswa.

Waka Kesiswaan SMKN 1 Panggungrejo, Teguh Santoso mengatakan pihaknya tengah menyusun beberapa skema pembelajaran bagi para siswa untuk menerapkan teori pembelajaran tanpa adanya praktik.

Karena pada dasarnya, kata dia, siswa SMK dituntut untuk dapat mempraktikan bidangnya berdasarkan teori yang sudah diberikan. [dinda]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial