1. Home
  2. Kesehatan
  3. Pemkab Blitar Kirim Sample ke Ke ITD Unair Guna Deteksi Jenis Varian Covid-19
Pemkab Blitar Kirim Sample ke Ke ITD Unair Guna Deteksi Jenis Varian Covid-19

Pemkab Blitar Kirim Sample ke Ke ITD Unair Guna Deteksi Jenis Varian Covid-19

0

MayangkaraNews.com . Pemkab Blitar mengirimkan sample temuan kasus Covid-19 ke Ke ITD (International Tropical Dease) Unair untuk mendeteksi jenis varian Covid-19, karena saat ini varian Omricon sudah terdeteksi di Indonesia.

Badan Kesehatan Dunia atau Wolrd Health Organization (WHO) merekomendasikan upaya whole genome sequencing di kawasan Asia Tenggara untuk mendeteksi keberadaan varian baru virus corona berjenis B.1.1.529 atau Omricon.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar dr Endah Woro Utami mengatakan, langkah sequencing atau mengirimkan sample setiap ada temuan kasus baru dilakukan untuk mendeteksi jenis varian Covid-19 karena saat ini varian Omricon sudah terdeteksi di Indonesia.

Woro menjelaskan, hasil sample yang dikirim dari kasus baru Covid-19 di Kabupaten Blitar saat ini temuan kasus Covid-19 masih dengan varian Delta dan tidak ada temuan Omricon.

Woro meminta masyarakat tidak panik namun tetap waspada dengan cara disiplin protokol kesehatan seperti menggunakan masker medis serta melakukan vaksinasi Covid-19 bagi warga yang belum divaksin.

Woro menambahkan, berdasarkan informasi yang diterima Dinkes, varian omricon tidak lebih berbahaya untuk infeksi penyakitnya namun penularan 5 kali lebih cepat dibandingkn varian Delta.

Data laporan pasien Covid-19 dengan varian Omricon yang masuk ICU tergolong lebih sedikit dibanding varian Delta. Woro berharap, tidak ada lonjakan kasus kembali karena varian baru Covid-19 ini. [Foto ilustrasi. April]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x