1. Home
  2. Kesehatan
  3. Pemkot Blitar Perbolehkan Masyarakat Gelar Shalat Idul Fitri 2021 Berjamaah di Masjid
Pemkot Blitar Perbolehkan Masyarakat Gelar Shalat Idul Fitri 2021 Berjamaah di Masjid

Pemkot Blitar Perbolehkan Masyarakat Gelar Shalat Idul Fitri 2021 Berjamaah di Masjid

0

MayangkaraNews.com . Pemkot Blitar memperbolehkan masyarakat menggelar salat Idul Fitri 2021 berjamaah di masjid, namun Pemkot memperingatkan masyarakat agar patuh protokol penanganan dan pencegahan Covid-19.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Blitar Hakim Sisworo menghimbau, pelaksanaan sholat idul fitri bisa dilakukan di masjid atau mushola terdekat dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pengurus masjid diminta untuk membatasi kapasitas jamaah yang hadir dari kondisi normal dan mewajibkan para jamaah memakai masker dan menjaga jarak. Sementara untuk pelaksanaan sholat idul fitri di lapangan terbuka, Pemkot kembali meniadakan karena status Kota Blitar saat ini berada di zona orange penyebaran Covid-19.

Hakim berharap, masyarakat dapat mengerti dan bisa bekerjasama guna mencegah terjadinya penularan Covid-19 yang semakin meluas.

Hakim menambahkan, pihaknya terus mensosialisasikan hal ini ke pihak terkait baik ke Camat, Lurah seluruh pengurus masjid dan lain-lain.

Sementara di Tulungagung, Kasi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas) Kantor Kemenag Tulungagung Supriono mengatakan, sesuai dengan surat edaran Kementerian Agama RI tentang aturan pelaksanaan Shalat Ied pada masa Pandemi Covid-19 ditahun 2021 yang harus sesuai dengan zona penyebaran Covid-19.

Wilayah yang berada di zona merah dan orange tidak diperkenankan untuk sholat ied di masjid/mushola maupun diruangan terbuka. Hal ini dikhawatirkan akan terjadi lonjakan angka Covid-19 di zona tersebut.

Sementara untuk zona penyebaran Covid-19 yang masih hijau dan kuning, Supriono menghimbau untuk selalu memperhartikan Protkes. Masyarakat diminta untuk membawa peralatan sholat sendiri, menjaga jarak saat sholat dan tetap menggunakan masker.

Selain itu, Ia berharap tradisi syukuran atau makan-makan pasca sholat ied yang biasa dilakukan agar tidak dilakukan secara beramai-ramai.

Supriono menyarankan, syukuran makanan yang telah didoakan, bisa diberikan setelah sholat ied dan dimakan dirumah masing-masing. [foto ilustrasi. nindy/hazwie]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial