1. Home
  2. Ekonomi
  3. Pemkot Blitar Perketat Pengawasan Perdagangan Hewan Ternak
Pemkot Blitar Perketat Pengawasan Perdagangan Hewan Ternak

Pemkot Blitar Perketat Pengawasan Perdagangan Hewan Ternak

0

MayangkaraNews.com . Pemkot Blitar memperketat pengawasan lalu lintas perdagangan ternak khususnya di Pasar Dimoro Kota Blitar. Pedagang dihimbau agar menunjukan surat keterangan kondisi kesehatan hewan untuk memastikan hewan ternak yang masuk maupun keluar dari kota Blitar benar-benar dalam kondisi sehat.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Blitar Rodiyah mengaku, sampai dengan saat ini di Kota Blitar belum ada temuan hewan ternak positif antraks.

Meski begitu, pihaknya tetap melakukan berbagai antisipasi diantaranya dengan melakukan pengawasan dan pengecekan hewan secara ketat baik di pasar hewan maupun di kandang peternak sapi di wilayah Kota Blitar serta menggencarkan sosialisasi.

Rodiyah menjelaskan, pengawasan di Pasar Dimoro diperketat karena lokasi itu merupakan sentra perdagangan hewan terbesar di Kota Blitar. Sehingga setiap transaksi hewan ternak khususnya hewan sapi yang datang dari wilayah Tulungagung pedagang atau peternak harus menunjukkan Surat Kesehatan Hewan (SKH).

Jika tidak, maka pedagang dianjurkan memeriksakan hewan ternaknya di Puskeswan sekitar.

Rodiah menambahkan, untuk sosialisasi tidak hanya menyasar para pedagang dan peternak, namun juga ke para jagal sapi. Harapanya, mereka dapat menjaga kebersihan dan sanitasi agar lingkungan tetap sehat. [nindy]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial