Home Lang Lang Kota Pemkot Blitar Siapkan Rp 18,7 Miliar Antisipasi Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Tahun 2020
Pemkot Blitar Siapkan Rp 18,7 Miliar Antisipasi Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Tahun 2020

Pemkot Blitar Siapkan Rp 18,7 Miliar Antisipasi Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Tahun 2020

0

MayangkaraNews.com . Pemkot Blitar menyiapkan Rp 18,7 miliar mengantisipasi kenaikan iuran BPJS Kesehatan tahun 2020.

Kepala Badan Pendapatan Keuangan & Aset daerah (BPKAD) Kota Blitar, Widodo Sapto Yohanes mengatakan Pemkot Blitar menyiapkan anggaran sekitar Rp 18,7 miliar untuk menghadapi kenaikan iuran BPJS Kesehatan mulai Januari 2020.

Anggaran itu khusus untuk membayar iuran BPJS Kesehatan bagi warga yang ikut Program Penerimaan Bantuan Iuran Daerah atau PBID.

Widodo menjelaskan anggaran untuk peserta PBID sudah dimasukan di APBD 2020. BPKAD Kota Blitar juga masih menunggu data pasti penerima PBID dari Dinas Kesehatan Kota Blitar.

Alokasi anggaran untuk peserta PBID di Kota Blitar, menurutnya, lebih besar dibanding tahun sebelumnya yang hanya sekitar Rp 8 miliar per tahun.

Menurutnya, sesuai program nasional, minimal 95 persen penduduk di tiap daerah harus menjadi anggota BPJS Kesehatan, baik menjadi peserta BPJS Kesehatan secara mandiri atau yang iurannya dibayar pemerintah melalui program PBI nasional maupun PBID.

Widodo menambahkan rencana kenaikan iuran BPJS Kesehatan sudah diatur dalam Perpres Nomor 75 Tahun 2019. Kenaikan iuran BPJS Kesehatan berlaku untuk peserta mandiri maupun peserta PBI. [foto ilustrasi, dari merdekacom. dinda]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial