Home Hukum & Kriminal Pemkot Blitar Tidak Menggeser Dana Pilwali 2020 Untuk Penanganan Covid-19 Di Kota Blitar
Pemkot Blitar Tidak Menggeser Dana Pilwali 2020 Untuk Penanganan Covid-19 Di Kota Blitar

Pemkot Blitar Tidak Menggeser Dana Pilwali 2020 Untuk Penanganan Covid-19 Di Kota Blitar

0

MayangkaraNews.com . Pemkot Blitar tidak menggeser dana Pilwali 2020 untuk penanganan Covid-19 atau Virus Corona di Kota Blitar.

Sekretaris Daerah Kota Blitar, Rudy Wijonarko mengatakan Pemkot Blitar tidak akan menggeser dana Pilwali Blitar 2020 untuk penanganan Covid-19, meski tahapan Pilkada Serentak mengalami penundaan.

Menurutnya, ini berdasarkan arahan dari Mendagri RI, dana Pilkada Serentak tidak boleh dipergunakan dulu, sebab dana itu bisa dipergunakan pada Pilkada Serentak 2021 mendatang.

Rudi menjelaskan pelaksanaan putaran Pilkada Serentak yang tertunda akan dilaksanakan pada akhir Desember 2020 nanti.

Ia mengatakan Pemkot Blitar mengalokasikan dana hibah untuk pelaksaan Pilwali 2020 sebesar Rp 21,6 miliar. Rinciannya, dana hibah untuk KPU Kota Blitar sebesar Rp 16 miliar, sedangkan Bawaslu Kota Blitar sebesar Rp 5,6 miliar.

Sebelumnya, berdasarkan surat edaran yang tersebar mengenai hasil rapat dengar pendapat atau RDP antara pemerintah pusat, KPU RI, Bawaslu RI, dengan Komisi II DPR RI terkait penundaan Pilkada Serentak 2020, maka ada 3 pilihan.

Adapun 3 opsi atau pilihan itu, pertama Pilkada serentak tetap dilaksanakan pada 2020 tetapi di akhir tahun atau 9 Desember 2020. Kemudian pilihan kedua, pelaksanaan Pilkada Serentak ditunda pada Maret 2021.

Sementara pilihan ketiga, pelaksanaan Pilkada Serentak digelar pada September 2021 mendatang. Pihak KPU Kota Blitar masih menunggu informasi dari KPU RI. [foto ilustrasi, dari radarbogorid. nindy]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial