1. Home
  2. Hukum
  3. &
  4. Kriminal
  5. Pengadilan Negeri Blitar Memutuskan Gugatan Class Action Warga Yang Terdampak Pencemaran Lingkungan
Pengadilan Negeri Blitar Memutuskan Gugatan Class Action Warga Yang Terdampak Pencemaran Lingkungan

Pengadilan Negeri Blitar Memutuskan Gugatan Class Action Warga Yang Terdampak Pencemaran Lingkungan

0

MayangkaraNews.com. Pengadilan Negeri Blitar memutuskan gugatan class action warga terdampak pencemaran lingkungan kepada PT. Greenfields, sudah memenuhi syarat.

Senin tanggal 23 Agustus Hakim Pengadilan Negeri Blitar memutuskan gugatan yang diajukan warga terdampak pencemaran lingkungan kepada PT. Greenfield masuk dalam gugatan class action karena sudah memenuhi syarat dan sah, sehingga dapat dilanjutkan di persidangan materi gugatan.

Menanggapi hal tersebut, kuasa hukum warga Hendi Priyono mengatakan, setelah ada penetapan dari majelis hakim bahwa gugatan masuk gugatan class action pihaknya memberikan kebebasan menentukan sikap, apakah mereka tetap dalam kelompok tersebut atau keluar dari kelompok dan tidak terikat dengan putusan ini. Kalaupun ada warga yang menarik kuasanya dalam gugatan ini, tidak akan menjadikan gugatan class action ini berhenti.

Sementara itu kuasa hukum PT. Greenfields, Totok Sutarto ketika dikonfirmasi mengenai hasil sidang putusan akan mengikuti proses yang berjalan. Menurut Totok setelah proses pengumpulan data penggugat selama 2 minggu kedepan, kemudian ada proses mediasi oleh hakim akan disampaikan pengadilan itu alternatif terakhir.

Sebelumnya kemarin, Pengadilan Negeri Blitar menggelar sidang lanjutan dengan agenda pembacaan putusan sela mengenai sah atau tidak gugatan class action dari 258 kepala keluarga kepada tergugat PT. Greenfields serta turut tergugat 1 Gubernur Jawa Timur dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur turut tergugat 2.

Dalam sidang tersebut diputuskan melanjutkan persidangan materi gugatan, sesuai putusan yang dibacakan Ketua Majelis Hakim Ari Wahyu Irawan bahwa sesuai Peraturan Mahkamah Agung tidak ada batasan jumlah penggugat.

[Foto : SindoNews/Dinar]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x