Home Agama Permohonan Dispensasi Pernikahan Dini Di Pengadilan Agama Tulungagung Meningkat Hampir 200 Persen
Permohonan Dispensasi Pernikahan Dini Di Pengadilan Agama Tulungagung Meningkat Hampir 200 Persen

Permohonan Dispensasi Pernikahan Dini Di Pengadilan Agama Tulungagung Meningkat Hampir 200 Persen

0

MayangkaraNews.com . Permohonan dispensasi pernikahan dini di Pengadilan Agama Tulungagung meningkat hampir 200 persen hingga pertengahan Oktober 2020. Jumlah ini meningkat setelah adanya perubahan UU & masih rendahnya pemahaman masyarakat terkait batas usia anak dalam pernikahan.

Kasi Humas Pengadilan Tulungagung, Nuril Huda mengatakan tahun 2020 dari Januari hingga pertengahan Oktober ini angka permohonan dispensasi nikah yang masuk di Pengadilan Agama Tulungagung meningkat 200 persen.

Tahun 2019 hanya terdapat 148 perkara yang masuk. Namun masuk awal triwulan satu tahun 2020 hingga akhir Oktober sudah mencapai 422 perkara.

Nuril menjelaskan peningkatan dispensasi nikah ini disebabkan adanya UU Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan. Dalam perubahan UU yang terbaru, pengertian dini tahun sebelumnya dengan saat ini berbeda.

Menurutnya, jika pengertian dini tahun lalu, perempuan 16 tahun sudah dikategorikan dewasa untuk menikah. Namun saat ini pengertian dini dikategorikan usia di bawah 19 tahun menurut perubahan undang-undang. Apabila ada masyarakat yang akan melaksanakan pernikahan anak usia di bawah 19 tahun harus mengajukan terlebih dahulu ke Pengadilan Agama.

Nuril mengatakan di Kabupaten Tulungagung seperti daerah Sendang masih banyak yang memiliki pemahaman jika anak berusia 17 tahun sudah cukup dewasa untuk dinikahkan.

Selama pandemi Covid-19, pelaksanaan sidang di Pengadilan Agama Tulungagung tidak menerapkan sidang secara online & harus dihadiri secara tatap muka. Namun pelaksanaan sidang tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti wajib mencuci tangan & hand sanitizer, pengukuran suhu tubuh, wajib memakai masker & menerapkan physical distancing. [foto ilustrasi, RadarMadiuncoid. ayu]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial