1. Home
  2. Kesehatan
  3. Petugas Temukan Ratusan Kasus Cacing Hati & Infeksi Paru Pada Hewan Qurban
Petugas Temukan Ratusan Kasus Cacing Hati & Infeksi Paru Pada Hewan Qurban

Petugas Temukan Ratusan Kasus Cacing Hati & Infeksi Paru Pada Hewan Qurban

0

MayangkaraNews.com . Petugas pemantau Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar menemukan 145 kasus cacing hati dan 38 kasus infeksi paru – paru pada hewan qurban yang di sembelih Rabu kemarin. Organ yang terinfeksi itu langsung di afkir atau dimusnahkan sehingga tidak sampai dikonsumsi masyarakat.

Kabid Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar Dewi Masitoh mengatakan, dari hasil pantauan tim di 21 kelurahan termasuk di RPH Kota Blitar pada Rabu siang, total ada 1.215 hewan qurban yang disembelih.

Dari jumlah itu, ditemukan cacing hati pada hewan kurban meliputi sapi 86 ekor dan kambing 59 ekor. Sedangkan temuan infeksi paru-paru meliputi sapi 2 ekor dan kambing 36 ekor.

Dari temuan itu, petugas langsung memusnahkan organ hati atau jeroan hewan qurban yang tidak layak konsumsi. Sementara untuk dagingnya, tetap aman di konsumsi masyarakat.

Dewi menambahkan, pantauan penyembelihan dan pengecekan daging hewan q#urban, akan dilakukan hingga 23 Juli.

Seperti diketahui, Pemkot Blitar menerjunkan 47 petugas pemantau hewan qurban yang tersebar di seluruh kelurahan. 47 petugas pemantau ini, selain dari staf Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, 21 orang diantaranya merupakan dokter hewan. [Nindy]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x