Home Hukum & Kriminal Puluhan Warga Tulungagung Terjaring Operasi Yustisi Disiplin Protokol Kesehatan
Puluhan Warga Tulungagung Terjaring Operasi Yustisi Disiplin Protokol Kesehatan

Puluhan Warga Tulungagung Terjaring Operasi Yustisi Disiplin Protokol Kesehatan

0

MayangkaraNews.com . Puluhan warga Tulungagung terjaring Operasi Yustisi disiplin protokol kesehatan sepanjang pagi sampai malam, karena tidak memakai masker.

Kabid Penegakan Perda & Perbup Satpol PP Tulungagung, Artista Nindya Putra mengatakan sepanjang Jum’at 18 September 2020 dari pagi hingga malam pihaknya 3 kali melakukan giat Operasi Yustisi penegakan Pergub & Perbup soal protokol kesehatan & berhasil menjaring 42 orang yang tidak memakai masker.

Artista menjelaskan rata-rata dari mereka yang terjaring mengaku lupa membawa masker. Ada juga yang belum paham dengan pemberlakuan Pergub & Perbup soal protokol kesehatan ini.

Menurut Artista, kebanyakan dari pelanggar memilih membayar sanksi administrasi sebesar Rp 25 ribu & hanya beberapa saja yang diberi sanksi kerja sosial.

Total uang denda yang terkumpul pada Jum’at 18 September 2020 sebanyak Rp 750 ribu & langsung masuk ke kas daerah.

Agus, satu di antara warga Notorejo Gondang yang kedapatan tidak bermasker sempat memprotes adanya kebijakan sanksi ini.

Ia mengaku belum mendapat sosialisasi soal Pergub maupun Perbup yang baru ini. Dirinya meminta seharusnya di jalan-jalan juga dipasangi banner imbauan memakai masker & sanksi di dalamnya.

Agus tidak mempermasalahkan dirinya diberi sanksi karena tidak bermasker, namun mestinya juga ada arahan yang jelas kepada masyarakat soal aturan ini.

Sebelumnya, Pemkab Tulungagung sudah mengeluarkan Perbup Nomor 57 Tahun 2020 terkait pendisiplinan masyarakat untuk memakai masker saat di luar rumah.

Perbup ini diteken menindaklanjuti keluarnya Pergub 53 Tahun 2020 terkait hal yang sama. Yang membedakan hanya nominal sanksi administrasi yang ditetapkan. Bila dalam Pergub besaran sanksi senilai Rp 250 ribu, sedangkan dalam Perbup hanya Rp 25 ribu. [amir]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial