Home Lang Lang Kota Ratusan Warga Desa Besole Datangi Kantor Desa Tuntut Penghentian Proses Tukar Guling Tanah Kas Desa
Ratusan Warga Desa Besole Datangi Kantor Desa Tuntut Penghentian Proses Tukar Guling Tanah Kas Desa

Ratusan Warga Desa Besole Datangi Kantor Desa Tuntut Penghentian Proses Tukar Guling Tanah Kas Desa

0

MayangkaraNews.com . Ratusan warga Desa Besole Besuki Tulungagung mendatangi Kantor Desa setempat menuntut penghentian proses tukar guling tanah kas desa oleh warga lain yang menempatinya.

Salah satu perwakilan warga Desa Besole, Solihin mengatakan proses tukar guling tanah kas desa setempat yang sekarang ini masih berlangsung dirasa akan merugikan pihak desa.

Karena menurutnya, lahan pengganti yang disiapkan dianggap kurang produktif sekalipun luasnya tiga kali lipat dari tanah yang sekarang ditempati warga yang ingin mengakuisisi tanah itu.

Solihin berharap pihak desa mau mempertimbangkan aspirasi mayoritas warga yang tidak menginginkan tanah kas desa itu jatuh ke milik perorangan.

Selain itu, warga menuding proses tukar guling berlangsung tertutup & menyalahi aturan perundang-undangan.

Kepala Desa Besole, Suratman bersikukuh proses tukar guling tanah ini tidak menyalahi prosedur.

Menurutnya, rekomendasi Bupati Tulungagung yang sudah didapatnya sejak 2017 sah secara aturan karena luas tanah yang ditukar guling itu hanya 6.000 meter persegi yang rekomendasinya cukup dari Bupati TUlungagung.

Suratman mengaku saat ini proses tukar guling sudah 90 persen & hanya tinggal menunggu keluarnya sertifikat dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tulungagung.

Sebelumnya, proses tukar guling diinisiasi oleh sekelompok warga yang menempati tanah kas desa selama berpuluh tahun. Kemudian sekelompok warga ini bermaksud mengakuisisi tanah itu menjadi kepemilikan pribadi.

Sehingga sekelompok warga ini “patungan” dengan total uang yang harus dibayarkan ke desa senilai Rp 4 miliar untuk tanah seluas 6.000 meter persegi.

Sementara sebagian besar warga Desa Besole menolak tukar guling ini karena tanah yang dimaksud berada di lokasi yang strategis, di mana tanah itu berada di tepi jalan akses menuju objek wisata Pantai Popoh & Pantai Sidem. [amir]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial