1. Home
  2. Lang
  3. Lang
  4. Kota
  5. Ribuan Anggota Asosiasi Pemerintah Desa Batal Gelar Aksi Unjuk Rasa di Pemkab Blitar
Ribuan Anggota Asosiasi Pemerintah Desa Batal Gelar Aksi Unjuk Rasa di Pemkab Blitar

Ribuan Anggota Asosiasi Pemerintah Desa Batal Gelar Aksi Unjuk Rasa di Pemkab Blitar

0

MayangkaraNews.com . 2400 orang anggota Asosiasi Pemerintah Desa di Kabupaten Blitar batal melaksanakan aksi unjuk rasa karena tuntutan kenaikan alokasi dana desa sudah dipenuhi oleh Pemkab Blitar.

Kepala Desa Rejowinangun Kademangan Kabupaten Blitar Bagas Wigasto mengatakan, 2400 anggota Asosiasi Pemerintah Desa yang beranggotakan perangkat desa dan kepala desa berencana menggelar aksi unjuk rasa di kantor Pemkab Blitar menuntut adanya kenaikan prosentase alokasi dana desa, namun rencana aksi ini dibatalkan karena permintaan Asosiasi Pemerintah Desa atau APD disetujui sehingga prosentase ADD tahun 2022 dipastikan naik.

Bagas mengatakan, APD Kabupaten Blitar meminta pemerintah melakukan rasionalisasi ADD karena sejak tahun 2015 prosentase ADD hanya 10 persen dari pagu anggaran daerah, sehingga dinilai masih belum mencukupi.

Sehingga APD mendesak Pemkab Blitar untuk menaikkan ADD karena sesuai aturan prosentase porsi ADD bisa 10 hingga 15 persen dari APBD yang sudah dipotong Dana Alokasi Khusus atau DAK.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar Rully Wahyu mengatakan, setelah dilakukan hearing dan pembahasan Pemkab Blitar menaikkan prosentase ADD tahun 2022 mendatang. Prosentase ADD naik menjadi 12% dari sebelumnya sekitar 10 persen.

Rully menambahkan, prosentase porsi ADD disesuaikan dengan aturan dan kekuatan APBD Kabupaten Blitar. [April]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x