Home Lang Lang Kota Sampai Saat Ini Pengusaha Sedot WC Di Tulungagung Belum Bisa Memanfaatkan IPLT Di Moyoketen
Sampai Saat Ini Pengusaha Sedot WC Di Tulungagung Belum Bisa Memanfaatkan IPLT Di Moyoketen

Sampai Saat Ini Pengusaha Sedot WC Di Tulungagung Belum Bisa Memanfaatkan IPLT Di Moyoketen

0

MayangkaraNews.com . Sampai saat ini pengusaha sedot WC di Tulungagung belum bisa memanfaatkan IPLT, meski Dinas PUPR Tulungagung telah mengklaim sudah membuka operasional Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja atau IPLT.

Salah satu pelaku usaha sedot WC di Tulungagung, Saiful mengatakan setelah hearing bersama Dinas PUPR Tulungagung di DPRD Tulungagung pada pertengahan Agustus 2020 lalu, sampai saat ini para pelaku usaha sedot WC belum bisa mengakses ataupun memanfaatkan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) yang berada di Desa Moyoketen Boyolangu Tulungagung.

Saiful menyebut pihaknya saat ini harus menggunakan lahan sendiri untuk membuang limbah tinja. Hal itu berdampak pada harga jasa sewa karena pengusaha harus merogoh kocek untuk membuat tempat penampungan limbah tinja mandiri.

Ia mengaku sampai saat ini pihaknya juga belum mendapatkan informasi resmi apakah IPLT sudah beroperasi kembali atau belum.

Plt Kepala Dinas PUPR Tulungagung, Robinson Nandeak mengatakan pihaknya sudah membuka operasional dari IPLT di Desa moyoketen untuk para pengusaha sedot WC. Meski saat ini, kata dia, masih ada beberapa bagian dilakukan perbaikan seperti menambah penutup viber untuk meminimalisir bau yang dihasilkan dari lumpur tinja.

Robinson juga mengakui sosialisasi yang dilakukan oleh pihaknya kepada masyarakat & pengusaha sedot WC belum maksimal karena adanya pandemi Covid-19.

Ia menambahkan pada tahun 2021 pihaknya juga akan menambah tinggi dinding dari IPLT agar bau yang dihasilkan dari instalasi tersebut tidak menyebar ke pemukiman warga. [foto dari e-bloggertulungagung. anggi]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial