1. Home
  2. Kesehatan
  3. Satu-Satunya Zona Orange di Jawa Timur, Walikota Blitar: Akibat Rendahnya Kesadaran Warga
Satu-Satunya Zona Orange di Jawa Timur, Walikota Blitar: Akibat Rendahnya Kesadaran Warga

Satu-Satunya Zona Orange di Jawa Timur, Walikota Blitar: Akibat Rendahnya Kesadaran Warga

0

MayangkaraNews.com . Kota Blitar masih masuk zona orange di Jawa Timur, karena tingkat tracing dan testing rendah, akibat kurangnya kesadaran warga.

Wali Kota Blitar Santoso mengatakan, pelaksanaan tracing dan testing di Kota Blitar belum maksimal karena terkendala tingkat kesadaran warga.

Menurut Santoso, masih banyak warga yang tidak mau dilakukan tracing atau pelacakan kasus kontak erat warga terpapar Covid-19 dan ada juga yang menolak karena takut dan malu jika dinyatakan positif.

Berdasarkan target tracing dari Pemerintah Pusat, idealnya tiap satu pasien positif Covid-19, harus dapat melakukan pelacakan kepada 15 kontak erat. Sedangkan di Kota Blitar rata rata menyasar 9-10 kontak erat. Padahal manfaat tracing untuk memutus rantai penularan Covid-19.

Santoso mengatakan saat ini Pemerintah Kota berusaha untuk meningkatkan tracing kepada warga, satu diantaranya menyediakan layanan tes swab antigen gratis bagi masyarakat.

Seperti diketahui, dari 38 kota dan kabupaten di Jawa Timur, hanya Kota Blitar yang masih masuk zona orange atau risiko sedang penyebaran Covid-19. Sedangkan kota dan kabupaten lainnya berada di zona kuning atau risiko rendah penyebaran Covid-19. [Nindy]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x