Home Lang Lang Kota Seorang Warga Bangoan Kedungwaru Tulungagung Menemukan Batu Yang Diduga Benda Cagar Budaya
Seorang Warga Bangoan Kedungwaru Tulungagung Menemukan Batu Yang Diduga Benda Cagar Budaya

Seorang Warga Bangoan Kedungwaru Tulungagung Menemukan Batu Yang Diduga Benda Cagar Budaya

0

MayangkaraNews.com . Seorang warga Bangoan Kedungwaru Tulungagung menemukan sebuah batu yang diduga benda cagar budaya arca perwujudan saat menambang pasir di wilayah Desa Tapan Kedungwaru Tulungagung.

Agus Subagyo warga Bangoan Kedungwaru Tulungagung yang sehari-harinya menambang pasir di wilayah Desa Tapan Kedungwaru, Selasa lalu menemukan sebuah batu berbentuk arca tanpa kepala tertimbun di lokasi penambangan.

Agus awalnya tidak memahami temuannya itu merupakan benda yang diduga cagar budaya arca perwujudan. Dirinya baru mengetahui benda itu arca setelah mendapat penjelasan dari tetangganya. Saat ditemukan arca itu dalam kondisi tanpa kepala dan kaki.

Selain batu sejenis arca para penambang juga sering menemukan lumpang dan umpak di lokasi penambangan. Saat ini arca itu disimpan di rumah Agus.

Agus mengaku sebelum 40 hari arca itu tidak boleh dibawa kemana-mana. Kalaupun Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya Trowulan mau menelitinya maka harus mendatangi rumahnya di Desa Bangoan.

Sementara itu Koordinator Wilayah BPCB Jatim di Tulungagung Haryadi meminta penemu benda yang diduga arca itu melapor ke Kepala Desa Tapan. Selanjutnya dari pihak Desa Tapan mengirim surat pemberitahuan ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tulungagung.

Baru nantinya dari Disbudpar meminta kepada tim peneliti dari BPCB Trowulan untuk melihat keaslian dari benda itu apakah benar-benar arca atau bukan. Tapi Haryadi meyakini temuan itu memang cagar budaya arca perwujudan karena wilayah penemuan benda itu dulunya menjadi bagian dari Kerajaan Kediri. [Amir]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial