1. Home
  2. Kesenian
  3. Warga Ngatru Temukan Benda Cagar Budaya Arca Dewa Di Belakang Sebuah Madrasah
Warga Ngatru Temukan Benda Cagar Budaya Arca Dewa Di Belakang Sebuah Madrasah

Warga Ngatru Temukan Benda Cagar Budaya Arca Dewa Di Belakang Sebuah Madrasah

0

MayangkaraNews.com . 2 arca dewa dan sebuah benda menyerupai tempat sesaji yang diduga benda cagar budaya Selasa siang ditemukan di belakang sebuah madrasah di wilayah Ngantru Tulungagung.

Kasi Pelestarian Cagar Budaya Museum dan Purbakala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tulungagung Winarto mengatakan, pada Selasa, 16 Februari 2021 siang, pihaknya mendapat laporan dari masyarakat jika telah ditemukan benda diduga cagar budaya di wilayah Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung.

Dari laporan itu, pihaknya bersama Korwil jupel BPCB Jawa Timur wilayah Tulungagung langsung meninjau lokasi penemuan dugaan benda cagar budaya itu. Saat tiba di lokasi, ternyata benar ada temuan diduga obyek benda cagar budaya berupa 2 arca dewa dan sebuah benda yang menyerupai tempat sesaji.

Winarto menjelaskan, satu diantara arca dewa itu saat ditemukan kondisinya masih utuh, sedangkan satu arca lainnya terlepas dari lapiknya karena terkena hantaman alat berat saat dilakukan penggalian tanah.

Winarto menambahkan, di lokasi temuan itu juga terdapat struktur dari bata merah yang diduga merupakan tempat pemujaan pada zaman masa Hindu. Pihaknya kemudian meminta kepada warga yang menemukan benda diduga cagar budaya itu untuk pengerjaan pembuatan kolam ikan itu sekitar lokasi temuan untuk dihentikan sementara.

Benda diduga cagar budaya itu sebelumnya ditemukan oleh keluarga Akhsin Ashari, saat proses penggalian tanah untuk membuat kolam ikan di belakang madrasah di wilayah Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung. Kini benda yang diduga merupakan cagar budaya itu masih berada di lokasi temuan dan belum dipindahkan. [Ayu]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial