1. Home
  2. Ekonomi
  3. Seribu Hektar Lebih Tanaman Cabai Rawit di Blitar, Terserang Penyakit Patek
Seribu Hektar Lebih Tanaman Cabai Rawit di Blitar, Terserang Penyakit Patek

Seribu Hektar Lebih Tanaman Cabai Rawit di Blitar, Terserang Penyakit Patek

0

MayangkaraNews.com . Seribu hektar lebih tanaman cabai rawit di Kabupaten Blitar kembali serangan penyakit Patek yang menyebabkan tanaman cabai busuk sehingga petani mengalami kerugian.

Kasi Hortikultura Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar Lina Indrayanti membenarkan jika para petani kembali mengeluhkan adanya ganguan pada tanaman cabai meliputi penyakit Patek maupun Layu Fusarium.

Laporan dari daerah sentra cabai di Blitar selatan seperti Kecamatan Wates dari lLuas tanam cabairawit yang mencapai 1613 hektar yang terkena penyakit porong dan Patek mencapai 825 hektar.

Selanjutnya dari kecamatan Panggungrejo, dari luas tanam cabai yang mencapai 2991 hektar, yang terkena penyakit mencapai 310 hektar.

Lina menyebutkan serangan penyakit Patek, busuk buah atau Antraknosa pada tanaman cabai dapat mengakibatkan kerugian yang sangat besar, bahkan serangan penyakit ini menimbulkan kegagalan panen yang diakibatkan rusaknya buah cabai. Penyebabnya ada beberapa hal diantaranya curah hujan yang tinggi.

Nonot Suyatno satu diantara petani cabai asal Binangun Kabupaten Blitar mengatakan menyiasati hal ini para petani terus berupaya melakukan kegiatan pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman agar bisa meminimalisir kerugian.

Namun sebagian petani mengaku selama lebaran jarang ke sawah sehingga serangan Patek bertambah luas. [Foto Ilustrasi, April]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x