Home Kesehatan Sesudah Hampir 4 Tahun Nihil, Kasus Leptospirosis Di Tulungagung Kembali Muncul
Sesudah Hampir 4 Tahun Nihil, Kasus Leptospirosis Di Tulungagung Kembali Muncul

Sesudah Hampir 4 Tahun Nihil, Kasus Leptospirosis Di Tulungagung Kembali Muncul

0

MayangkaraNews.com . Dinas Kesehatan Tulungagung menyebut adanya re-emerging diseases di tengah pandemi Covid-19, setelah menemukan warga Tulungagung menderita leptospirosis atau penyakit kencing tikus.

Kasi Pencegahan & Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Tulungagung, Didik Eka mengatakan di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19, Dinkes Tulungagung juga menghadapi beberapa jenis penyakit yang sudah 3 tahun tidak terjadi di Tulungagung, di antaranya Leptospirosis atau penyakit kencing tikus.

Didik menjelaskan Dinkes Tulungagung menerima laporan adanya satu warga Desa Mojoarum Gondang Tulungagung menderita sakit kencing tikus ini yang kebetulan juga menjadi Pasien Dalam Pengawasan atau PDP.

Namun saat ini, pasien sudah sembuh dari gejala PDP & leptospirosis karena kasus ini sudah ditemukan sejak beberapa hari sebelum lebaran.

Menurutnya, kasus leptospirosis jarang terjadi di Tulungagung. Kasus ini terakhir terjadi di Tulungagung pada tahun 2016 lalu dengan jumlah 8 kasus. Di tahun 2020 ini kembali terjadi & masih ditemukan satu kasus leptospirosis di Tulungagung.

Didik menambahkan leptospirosis ini ditandai dengan tanda nyeri pedas, mata kuning & bisa menyebabkan gagal ginjal.

Penularan pada manusia terjadi saat adanya kontak langsung antara manusia dengan urine hewan yang terinfeksi atau dengan air, tanah & makanan yang telah terkontaminasi urine hewan yang terinfeksi bakteri leptospira, penyebab leptospirosis.

Maka dari itu, masyarakat dihimbau untuk melakukan PHBS atau Perilaku Hidup Bersih & Sehat, memakai alas kaki ketika berada di tempat becek, serta menutup makanan & minuman. [foto ilustrasi, dari RACGPorgau. suci]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial