1. Home
  2. Kesehatan
  3. Siaga Varian Baru Covid-19 Omicron, Pemkab Blitar Perketat Pengawasan WNI Pulang dari Luar Negeri
Siaga Varian Baru Covid-19 Omicron, Pemkab Blitar Perketat Pengawasan WNI Pulang dari Luar Negeri

Siaga Varian Baru Covid-19 Omicron, Pemkab Blitar Perketat Pengawasan WNI Pulang dari Luar Negeri

0

MayangkaraNews.com . Indonesia siaga varian baru Covid-19 Omicron, Pemerintah Kabupaten Blitar perketat pengawasan WNI pulang dari luar negeri agar tidak kecolongan seperti varian Delta.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar dr Endah Woro Utami mengatakan, pihaknya menerima surat edaran dari satgas Covid-19 pusat terkait protokol kesehatan perjalanan internasional atas munculnya varian baru Covid-19 B.1.1.529 atau Omicron.

Woro mengatakan, sesuai surat edaran ini Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki riwayat perjalanan ke negara seperti Afrika Selatan, Botswana, Lesotho, Eswatini, Mozambique, Malawi, Zimbabwe dan Hong Kong dalam 14 hari terakhir tetap diizinkan untuk kembali ke Indonesia dengan kewajiban menjalani karantina selama 14 hari.

Sementara untuk WNA dan WNI dari negara lain yang tidak disebutkan di atas wajib melakukan penyesuaian durasi karantina menjadi 7 hari.

Penambahan durasi karantina dari yang sebelumnya hanya 3 atau 5 hari tergantung status vaksinasinya ini merupakan upaya kehati-hatian pemerintah untuk mencegah potensi lonjakan kasus akibat varian ini.

Woro menjelaskan, karantina dilakukan oleh pemerintah pusat sehingga daerah menindak lanjuti untuk screening dan testing seperti pemeriksaan PCR untuk WNI yang baru pulang dari luar negeri.

Woro meminta, semua masyarakat memperketat protokol kesehatan seperti pemakaian masker untuk mengantisipasi adanya Covid-19 varian baru. [Foto ilustrasi. April]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x