1. Home
  2. Lang
  3. Lang
  4. Kota
  5. Sidak Takjil di Kota Blitar, Dari 21 Sampel BPOM Temukan Makanan Mengandung Boraks
Sidak Takjil di Kota Blitar, Dari 21 Sampel BPOM Temukan Makanan Mengandung Boraks

Sidak Takjil di Kota Blitar, Dari 21 Sampel BPOM Temukan Makanan Mengandung Boraks

0

MayangkaraNews.com . Dari 21 sampel makanan yang dicek dalam sidak takjil Kamis sore, BPOM Kediri hanya menemukan satu makanan jenis kerupuk mengandung borak. Kerupuk itu sudah ditarik dari pasaran agar tidak di jual lagi.

Tim Koordinasi Pembinaan Pengawasan makanan dan Obat (TKP2MO) Kota Blitar bersama dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kediri menguji puluhan sampel makanan berbuka puasa dalam sidak makanan minuman di pasar takjil Kamis sore.

Staff BPOM Kediri Andreas Jaya Hadikusuma mengatakan, dari 21 sampel makanan yang diuji laboratorium ditemukan 1 sampel makanan jenis kerupuk yang mengandung boraks.

Menurutnya, penggunaan boraks itu dilakukan agar kerupuk lebih renyah. Sehingga pihaknya langsung menindaklanjuti dengan melakukan pembinaan terhadap si pedagang agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Andreas mengatakan, dalam sidak itu ada empat parameter pengujian kualitas makanan dalam sidak makanan dan minuman di pasar takjil diantaranya makanan yang mengandung formalin, rodhamin B, boraks, dan DNA babi.

Sementara Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Blitar Dharma Setiawan mengatakan, dari temuan zat borak dalam makanan jenis kerupuk itu, maka TKP2MO dan BPOM Kediri akan menindaklanjuti pengecekan ke pasar tradisional pada Jumat besok. Guna memastikan mutu keamanan makanan ringan atau takjil di bulan Ramadhan.

Pantauan reporter, Tim gabungan dari TKP2MO Kota Blitar dan BPOM Kediri secara acak mengambil puluhan sampel makanan dan minuman di beberapa pedagang di pasar takjil diantaranya pentol, sosis, tahu goreng, kerupuk, es pleret dan susu. [nin]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x