1. Home
  2. Hukum
  3. &
  4. Kriminal
  5. Sidang Kedua Gugatan Class Action PT Greenfield Kembali Digelar
Sidang Kedua Gugatan Class Action PT Greenfield Kembali Digelar

Sidang Kedua Gugatan Class Action PT Greenfield Kembali Digelar

0

MayangkaraNews.com . Sidang kedua gugatan class action yang diajukan perwakilan warga terdampak limbah kotoran sapi PT Greenfield kembali digelar di Pengadilan Negeri Blitar. Setelah sebelumnya pelaksanaan sidang ditunda karena tidak ada kehadiran tergugat dari PT Greenfield.

Senin, 9 Agustus 2021 sidang kedua gugatan class action yang diajukan 9 perwakilan warga Doko dan Wlingi Kabupaten Blitar yang terkena dampak pembuangan limbah kotoran sapi PT Greenfield yang diduga menyebabkan pencemaran lingkungan, kembali di gelar setelah sebelumnya sidang pertama sempat ditunda karena ketidak hadiran pihak tergugat dari PT Greenfield.

Tim Kuasa Hukum dari 9 orang perwakilan warga terdampak pencemaran lingkungan Hendy Priono mengatakan, dalam sidang kedua ini pihaknya sudah mempersiapkan dokumen-dokumen untuk pengecekan identitas dan pihaknya akan membuktikan 9 orang yang diketahui sebagai wakil dari 258 KK terdampak limbah benar sebagai wakil warga sebelum masuk gugatan pokok perkara.

Sidang rencananya akan digelar jam 10 siang di Pengadilan Negeri Blitar dan pihaknya berharap pihak tergugat dari PT Greendfield dan perwakilan dari Gubernur Jatim serta DLH Provinsi Jatim juga turut hadir.

Sementara itu sebelumnya, pada 21 Juli 2021 sidang pertama gugatan perdata publik atau class action di Pengadilan Negeri Blitar sempat ditunda karena tidak ada tergugat yang hadir dalam persidangan.

Ketua Majelis Hakim Ary mengatakan, pada sidang pertama 21 Juli lalu tergugat PT Greenfield tidak hadir dan tanpa keterangan yang jelas sementara dari turut tergugat 1 dan 2 yakni Gubernur Jatim dan DLH Provinsi Jatim juga tidak hadir namun memberikan surat keterangan dari Biro Hukum Pemprov Jatim yang meminta pelaksanaan sidang ditunda karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Sehingga pada sidang pertama saat itu majelis hakim dan pihak penggugat menyepakati jika pelaksanaan sidang ditunda dan akan digelar kembali pada Senin, 09 Agustus 2021.

Diberitakan sebelumnya, 258 KK dari Kecamatan Doko dan Wlingi Kabupaten Blitar yang terdampak pencemaran lingkungan mengajukan gugatan class action pada PT Greenfields Indonesia serta Gubernur Jatim dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jatim sebagai turut tergugat 1 dan 2 ke Pengadilan Negeri Blitar. [Foto ilustrasi. Dinar]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x