1. Home
  2. Kesenian
  3. Sumur Kuno Jenis Jobong Diduga Obyek Cagar Budaya Ditemukan di Tulungagung
Sumur Kuno Jenis Jobong Diduga Obyek Cagar Budaya Ditemukan di Tulungagung

Sumur Kuno Jenis Jobong Diduga Obyek Cagar Budaya Ditemukan di Tulungagung

0

MayangkaraNews.com . Sebuah sumur kuno jenis jobong diduga termasuk objek cagar budaya ditemukan di Desa Wajak Kidul Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung.

Kasi Pelestarian Sejarah Purbakala Disbudpar Tulungagung Winarto mengatakan, Jumat, 28 Mei pihaknya mendapat informasi jika terdapat temuan sebuah sumur kuno yang diduga jenis jobong di sekitar persawahan masuk Desa Wajak Kidul Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung.

Dari informasi itu pihaknya langsung meninjau lokasi temuan yang diduga masuk dalam objek cagar budaya. Winarto menjelaskan, dari hasil tinjauan sementara, sumur kuno jenis jobong itu diduga berasal dari era kerajaan Majapahit karena di era Kediri diperkirakan belum ada.

Ukuran sumurjobong itu berdiameter sekitar 60 cm dan tebalnya sekitar 1 cm. Winarto memperkirakan terdapat 6 jobong di sumur ini dengan tinggi setiap jobong sekitar 30 cm.

Winarto menambahkan, jobong ini terbuat dari tanah liat yang dibakar, berfungsi untuk menahan tanah di sekitar sumur agar tidak runtuh. Dari informasi yang diterima, awal mula temuan sumur ini ketika Pemerintah Desa setempat rencananya akan membuat lapangan di sekitar lokasi temuan.

Warga yang meyakini jika sumur ini merupakan objek cagar budaya langsung menghubungi dinas terkait untuk dikaji lebih lanjut. [ayu]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial