Home Lang Lang Kota Tim BPCB Jatim Identifikasi Penemuan Sumur Kuno Di Sumbergempol
Tim BPCB Jatim Identifikasi Penemuan Sumur Kuno Di Sumbergempol

Tim BPCB Jatim Identifikasi Penemuan Sumur Kuno Di Sumbergempol

0

MayangkaraNews.com . Tim BPCB Jatim identifikasi penemuan sumur kuno di Sambirobyong Sembergempol Tulungagung. Hasil kajian menunjukkan sumur ini merupakan sumur kuno & unik yang berbeda dengan temuan sumur-sumur kuno sebelumnya.

Arkeolog BPCB Jawa Timur, Muhammad Ichwan mengatakan temuan sumur kuno di Dusun Centong Sambirobyong Sumbergempol Tulungagung ini dapat disebut sebagai sumur kuno & unik karena dari bentuknya belum pernah ditemukan sebelumnya.

Ichwan menjelaskan sumur ini berbentuk segi 8 dengan teknik penyusunan bata yang tegak. Selain itu, juga ditemukan beberapa bagian di dalam sumur yang telah dipindahkan ke Balai Desa Sambirobyong.

Total ada 19 bagian, di antaranya terdapat miniatur atap candi sebanyak 6 buah, antefik hiasan bagian atap sebanyak 2 buah, bata polos atau dinding sumur yang sudah terlepas sebanyak 9 buah & bata berelief sebanyak 2 buah.

Ichwan menyebut sumur kuno ini berhubungan dengan kegiatan religius masyarakat pada zaman dahulu. Namun pihaknya masih akan melakukan kajian mendalam untuk menentukan apakah temuan ini akan dilakukan ekskavasi atau tidak.

Ia menambahkan sementara temuan ini akan diamankan pihak desa setempat bersama Dinas Kebudayaan & Pariwisata (Disbudpar) Tulungagung. [suci]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial