Home Lang Lang Kota Tim BPCB Jawa Timur Menemukan Fragmen Arca Dalam Ekskavasi Lanjutan Situs Candi Gedog Kota Blitar
Tim BPCB Jawa Timur Menemukan Fragmen Arca Dalam Ekskavasi Lanjutan Situs Candi Gedog Kota Blitar

Tim BPCB Jawa Timur Menemukan Fragmen Arca Dalam Ekskavasi Lanjutan Situs Candi Gedog Kota Blitar

0

MayangkaraNews.com . Di hari kelima ekskavasi lanjutan situs Candi Gedog Kota Blitar, Tim BPCB Jawa Timur menemukan fragmen arca bagian stella atas dan sirah cakra yang di duga seni arca pada masa Singasari, karena seni pemahatan halus dan rapi.

Ketua Tim Ekskavasi Candi Gedog BPCB Jatim Nugroho Harjo Lukito mengatakan terdapat hiasan menyerupai motif batik dan motif sulur pada sirah cakra yang merupakan lambang kedewaan.

Meski belum mutlak, namun seni pahat pada fragmen arca ini jelas diperuntukan bagi seseorang yang mempunyai strata sosial tinggi dan tidak diperuntukan bagi masyarakat umum pada masa lalu.

Nugroho mengatakan fragmen arca itu ditemukan di sisi barat kedalaman 60cm dengan kondisi terbelah menjadi tiga bagian. Menurut Nugroho, temuan fragmen arca masa Singasari ini dinilai cukup istimewa, karena asumsi awal bangunan ini pada era Majapahit. Artinya, keberadaan bangunan ini lebih tua dari perkiraan sebelumnya.

Selain itu, tim BPCB juga menemukan lantai dasar yang dilihat dari stukturnya mengarah ke bangunan petirtaan. Saat ini Tim BPCB sedang memperkuat data-data temuan, agar bisa memastikan bangunan ini.

Seperti diketahui, ekskavasi lanjutan Candi Gedog dilaksanakan selama 8 hari, mulai 5 – 14 Oktober 2020. [Nindy]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial