1. Home
  2. Lang
  3. Lang
  4. Kota
  5. Tim Ekskavasi Menemukan Bagian Dasar Bangunan Induk Situs Candi Gedog Kota Blitar
Tim Ekskavasi Menemukan Bagian Dasar Bangunan Induk Situs Candi Gedog Kota Blitar

Tim Ekskavasi Menemukan Bagian Dasar Bangunan Induk Situs Candi Gedog Kota Blitar

0

MayangkaraNews.com . Bagian dasar bangunan induk di dalam pagar keliling situs Candi Gedog ditemukan pada Minggu (11/10) sore. Kemungkinan bangunan candi dan petirtaan berada dalam satu lokasi.

Ketua Tim Ekskavasi Situs Candi Gedog dari BPCB Jatim Nugroho Harjo Lukito mengatakan bagian dasar bangunan induk ditemukan di kedalaman 2,5 meter dari permukaan tanah. Menurut Nugroho, seperti asumsi awal ada kemungkinan bangunan ini sebuah petirtaan melihat dari dimensi ruangnya membentuk persegi panjang.

Selain itu ada beberapa data pendukung seperti cerita masyarakat sekitar kalau di lokasi, dulu ada sumber air. Namun, juga ada kemungkinan di Situs Gedog merupakan bangunan candi. Sebab, ditemukan artefak berupa kala dan yoni.

Sehingga perlu adanya ekskavasi lanjutan lagi untuk mengetahui kondisi bangunan luar pagar. Seperti diketahui, petirtaan sebagai tempat penyucian sebelum menuju ke bangunan candi untuk beribadah.

Diberitakan sebelumnya ekskavasi lanjutan ini untuk menemukan bangunan induk di situs Candi Gedog. Pada ekskavasi pertama 2019 lalu, tim BPCB Jatim sudah menemukan pagar keliling bangunan di situs Candi Gedog. [Foto ilustrasi dari Jelajahblitar. Nindy]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial