1. Home
  2. Kesehatan
  3. Tren Kasus Turun, Kabupaten Blitar Masuk Kategori Zona Kuning Sebaran Covid-19
Tren Kasus Turun, Kabupaten Blitar Masuk Kategori Zona Kuning Sebaran Covid-19

Tren Kasus Turun, Kabupaten Blitar Masuk Kategori Zona Kuning Sebaran Covid-19

0

MayangkaraNews.com . Tren kasus covid 19 terus mengalami penurunan saat ini Kabupaten Blitar masuk kategori zona kuning sebaran Covid-19.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar dr. Endah Woro Utami membenarkan, saat ini Kabupaten Blitar masuk zona kuning sebaran Covid-19 di Jawa Timur setelah selama dua minggu bertahan di zona orange.

Woro menjelaskan, Kabupaten Blitar turun menjadi zona kuning karena beberapa indikator diantaranya indikator epidomiologi dan pelayanan. Woro menjelaskan, sebaran kasus Covid-19 terus mengalami tren penurunan baik tambahan kasus harian maupun angka kematian.

Data harian di Kabupaten Blitar tambahan kasus Covid-19 maksimal hanya belasan kasus dalam sehari. Angka kematian juga mengalami penurunan sangat drastis. Selain itu, data harian BOR rumah sakit rujukan dan penyangga Covid-19 juga rendah dibawah 40 persen.

Woro meminta, masyarakat dan semua pihak tetap berusaha bersama untuk pengendalian kasus Covid-19, agar tidak ada lonjakan kasus lagi sehingga Kabupaten Blitar bisa turun ke PPKM level 2.

Wakil Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Tulungagung Ahmad Mugiyono mengatakan, Kabupaten Tulungagung kamis 16 September kemarin sudah turun ke Level 2 dalam penerapan PPKM berdasarkan data dari Pemprov Jatim. Namun Kabupaten Tulungagung tetap menjalankan PPKM Level 3 sampai tanggal 20 September nanti.

Hal ini karena turunnya level ini, di saat Kabupaten Tulungagung masih menerapkan PPKM Level 3 sampai tanggal 20 September nanti, sesuai dengan Inmendagri No 42 tahun 2021. Ahmad Mugiyono mengatakan, kebijakan Level 2 baru akan diterapkan setelah tanggal 20 September nanti.

Satgas juga akan menggelar rapat koordinasi untuk merumuskan kebijakan apa saja yang bisa direlaksasi pada saat penerapan PPKM Level 2. Menurut Mugiyono, sektor yang bisa direlaksasi saat Level 2 salah satunya sektor pariwisata.

Sebelumnya Kabupaten Tulungagung 2 minggu terakhir menerapkan PPKM Level 3, setelah terjadi penurunan kasus Covid-19. Kemudian satgas merelaksasi sektor pendidikan, ekonomi, dan aktivitas perkantoran. [Amir]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x