Home Lang Lang Kota Wakil Komite SMPN 1 Blitar Bantah Isu Pengaturan Surat Keterangan Domisili Pada PPDB SMA Jalur Zonasi
Wakil Komite SMPN 1 Blitar Bantah Isu Pengaturan Surat Keterangan Domisili Pada PPDB SMA Jalur Zonasi

Wakil Komite SMPN 1 Blitar Bantah Isu Pengaturan Surat Keterangan Domisili Pada PPDB SMA Jalur Zonasi

0

MayangkaraNews.com . Wakil Komite SMPN 1 Blitar membantah isu pengaturan Surat Keterangan Domisili (SKD). Namun Komite mengklaim hanya memberi masukan ke wali murid untuk mendekat ke zona sekolah tujuan pada PPDB jalur zonasi tahun ini.

Wakil Ketua Komite SMPN 1 Blitar, Yuda Nur Kholis membantah adanya pembuatan atau pengaturan pada surat-surat persyaratan PPDB 2020 tingkat SMA. Pihaknya hanya memberikan masukan & saran kepada siswa serta wali murid agar dapat diterima di SMA tujuan.

Masukan disampaikan sejak tahun lalu sebagai persiapan untuk pelaksanaan PPDB tahun ini.

Arahan & masukan diberikan agar siswanya dapat diterima pada sekolah tujuan karena jarak terjauh dalam jalur zonasi hanya berkisar antara 1.093 meter. Sehingga siswa diarahkan untuk mendekat ke sekitar zona sekolah dituju agar dapat diterima.

Menurutnya, mendekat ke sekolah tujuan tidak hanya dilakukan para siswa di sekolahnya, namun juga sekolah lain.

Terkait informasi pemindahan KK siswanya ke Jalan Enggano itu bukan kewenangannya, melainkan dari wali murid sendiri & juga Dispendukcapil Kota Blitar.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Blitar, Ramli membantah adanya oknum yang bermain dengan melalukan perubahan KK atau SKD berasal dari panitia PPDB. Karena seluruh proses PPDB termasuk jalur zonasi dilakukan secara online.

Sehingga, kata Ramli, server pusat yang menentukan batas jarak antar sekolah & alamat calon siswa. Urusan perubahan KK & SKD, tegasnya, merupakan kewenangan Pemkot Blitar.

Plt Kepala Dispendukcapil Kota Blitar, Imam Muslim mengatakan perubahan KK menyesuaikan dengan pemohon & dilakukan apabila ada perubahan elemen data.

Ia menjelaskan ada beberapa jenis pemohon yang melakukan perubahan KK, mulai dari perubahan domisili hingga perubahan status. Pihaknya tidak dapat mengetahui tujuan perubahan KK untuk PPDB.

Itu karena pengajuan perubahan KK dilakukan secara online & akan diproses apabila persyaratan terpenuhi.

Sebelumnya, diduga terjadi kecurangan atau manipulasi pada proses pelaksanaan PPDB SMA di Kota Blitar. Sejumlah wali murid mengaku kecewa dengan dugaan manipulasi jarak yang dilakukan oknum yang menawarkan perubahan KK & pengurusan SKD sebagai syarat utama pendafataran dengan jalur zonasi. [dinda]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial