Home Lang Lang Kota Warga Sananwetan Kota Blitar Menemukan Sebuah Batu Berbentuk Lumpang Yang Diduga Benda Cagar Budaya Era Majapahit
Warga Sananwetan Kota Blitar Menemukan Sebuah Batu Berbentuk Lumpang Yang Diduga Benda Cagar Budaya Era Majapahit

Warga Sananwetan Kota Blitar Menemukan Sebuah Batu Berbentuk Lumpang Yang Diduga Benda Cagar Budaya Era Majapahit

0

MayangkaraNews.com . Warga Sananwetan Kota Blitar menemukan sebuah batu berbentuk lumpang yang diduga benda cagar budaya era Majapahit, saat mencangkul sawah di persawahan Jalan Kalimantan Kecamatan Sananwetan Kota Blitar.

Camat Sananwetan Kota Blitar Heru Eko Pramono mengaku temuan batu berbentuk lumpang itu sebenarnya sudah lama ditemukan para petani setempat namun baru dilaporkan pada awal Oktober ini. Hal ini didukung dengan banyaknya temuan batu bata berserakan di sekitar sawah.

Menurut Heru, benda itu diduga bagian dari situs cagar budaya. Heru mengatakan batu berbentuk lumpang itu diperkirakan untuk melaksakan peribadatan atau tempat bersuci. Panjang batu itu sekitar 2 meter, lebar sekitar 1,5 meter dan kedalaman sekitar 50 cm.

Menurut Heru temuan ini mirip dengan era Majapahit. Heru menambahkan batu berbentuk lumpang ini ditemukan di persawahan di belakang STKIP Blitar di Jalan Kalimantan.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar Tri Iman mengaku pihaknya sudah melaporkan temuan ini ke BPCB Jawa Timur. Saat ini beberapa temuan itu sudah di bawa ke Kantor Disparbud Kota Blitar sedangkan temuan lainnya yang ada dilokasi, Tri Iman meminta kepada warga sekitar untuk mengamankan lokasi itu. [Nindy]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial